Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Pengertian Domain dan Fungsinya


A. Pengertian Domain
Menurut sumber dari Wikipedia, Domain merupakan sebuah nama unik yang berfungsi untuk mengenal sebuah server komputer. Server dapat dikenal melalui domain dapat terdiri dari web server atau email server melalui sebuah jaringan komputer dengan fasilitas Internet.

Domain juga dapat diartikan sebagai bentuk dari susunan sebuah huruf (a, b, c..) juga angka (1, 2, 3...) serta simbol (-, _, ..) yang berpadu untuk membuat sebuah URL atau alamat sebuah Website yang berfungsi untuk mengidentifikasi keberadaan informasi yang tersimpan di Weblog melalui kode IP client server hosting tempat file website diletakkan.


Untuk mempermudah pengertian Domain akan saya utarakan ilustrasinya:

Jika anda ingin mencari informasi atau file berbentuk apapun dan anda menggunakan internet sebagai medianya, maka informasi itu akan anda dapatkan jika anda mengetahui URL atau alamat tempat peyimpanan File tersebut. Adapun alamat File tersebut akan anda ketahui setelah anda temukan kode Domain nya. Kode domain Standart pada awalnya berbentuk IP (318.819.51.717 – baik IP komputer maupun Web server). Seiring waktu, maka fungsi sepenuhnya Domain dirubah menjadi sebuah Url yang mudah diingat ketimbang IP.

Maka, dapat disimpulkan bahwa Domain merupakan pengganti dari sebuah alamat IP yang berfungsi untuk mempermudah kita mengingatnya. Bandingkan saja mana lebih mudah mengingat namadomain.com atau dengan 216.713.51.617, tentu kita akan memilih yang pertama. Itulah sebabnya Domain menjadi prioritas utama untuk mengetahui sebuah URL.

B. Fungsi dan Tujuan Domain
Domain berfungsi sebagai pengganti sebuah Alamat IP berbentuk deretan angka dengan Alamat perpaduan huruf, angka dan simbol yang lebih mudah diingat. Domain di buat bertujuan untuk mempermudah orang dalam melakukan akses internet ke sebuah server sebagai tempat penyimpanan data informasi.

C. Ciri-Ciri Domain
Domain dapat diketahui dengan melihat sebuah URL atau Alamat saat kita koneksi internet. Ciri khusus dari domain dapat ditandai dengan adanya titik, nama, dan Kode juga huruf. Sebagai contoh analisaindentitas.blogspot.com, google.com dan lain sebagainya.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis