Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Ketombe~Pengertian, Penyebab dan Pengobatan (Alami atau Medis)


1. Pengertian Ketombe
Ketombe~Terwujud
Ketombe, sindap, kelumur atau dalam teori ilmiah disebut Pityriasis capitis merupakan pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala. Proses sel mati dan terkelupas adalah fakta normal yang sering terjadi jika ada pengelupasan, akan tetapi jika hal itu terjadi terlalu sering dalam jumlah yang banyak, tentu akan menimbulkan taburan salju putih yang menumpuk dan akan jatuh di sisi baju berwarna gelap dan membuat penderitanya sedikit terganggu.

Mereka yang mengalami hal itu disebut sebagai penderita kronis atau pengelupasan dalam jumlah besar yang di ikuti dengan warna kemerahan dan iritasi. Ketombe juga disebut sebagai gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Jika anda menggaruk bagian tersebut, maka akan menyebabkan kerusakan pada kulit dan akan meningkatkan resiko infeksi yang ditandai dengan datangnya bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. (Lihat juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Cara Alami Memutihkan Ketiak)

2. Penyebab Timbulnya Ketombe
Ketombe-Terwujud.com
Tumbuhnya kulit dan timbulnya sel epidermal yang terdorong keluar kemudian sel kulit tersebut mati serta terkelupas dari kepala merupakan penyebab datangnya Ketombe. Umumnya pengelupasan tersebut secara standar berupa pengelupasan kecil, namun pada kondisi tertentu akibat pergantian dan pertumbuhan sel yang cepat pada kulit kepala, maka hal itu akan menimbulkan pengelupasan yang banyak sehingga penderitanya akan terganggu dan merasakan gatal-gatal pada kepala. Pada orang yang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati kemudian berganti kembali seperti semula setiap dua minggu sekali, sedangkan pada orang yang tidak berketombe, siklus tersebut akan berlangsung selama 1 bulan sekali. (Jangan lewatkan: Cara Alami menghilangkan Bau Badan Tak Sedap serta Cara Alami Menghilangkan Komedo)

3. Nutrisi dan Komposisi Pada Ketombe
Ketombe merupakan nutrisi buruk yang terjadi karena adanya defisiensi mineral seng dan itu dapat ditemukan dalam makanan seperti kerang, ayam kalkun, babi, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Sedangkan komposisi pada ketombe dapat anda ketahui pada penjelasan di bawah ini yaitu:
  • Ketombe merupakan kelompok corneocytes
  • Ukuran dan berat dari satu daerah ke daerah lain
  • Terbuat dari sel Parakeratotic
  • Jumlah tergantung dari tingkat/level (Ringan hingga Berat)
4. Cara Alami Mengobati Ketombe
Ketombe-Terwujud.com
A. Jeruk Nipis atau Lemon
Buah lemon berbentuk kecil dan kaya akan vitamin C ternyata berfungsi membuat kulit kepala bebas dari ketombe plus rambut akan terlihat sehat dan cantik berkilau. Aturan penggunaannya adalah:
  • Ambil jeruk nipis secukupnya
  • Peraslah jeruk nipis tersebut
  • Ambil air perasan dan tuangkan dalam 1 wadah
  • Siramlah air perasan jeruk nipis tadi pada kepala yang berketombe
  • Biarkan selama 30 menit
  • Bilas rambut sampai bersih
B. Lidah Buaya
Kandungan sehat dalam gel lidah buaya sangat efektif digunakan untuk memusnahkan ketombe, selain hemat biaya, penggunaan gel lidah buaya ternyata cukup mudah, tugas anda hanya dengan:
  • Ambil lidah buaya yang segar
  • Belah menjadi dua bagian
  • Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala anda
  • Biarkan selama 10-15 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan selama 2-3 kali seminggu
C. Daun pandan
Selain wangi dan harum, ternyata daun panda dipercaya mampu mengusir ketombe dan membebaskan kulit kepala dari ketombe untuk selamanya. Penggunaan optimal daun panda dapat dilakukan dengan cara”
  • Ambil beberapa lembar daun pandan
  • Giling daun pandan sampai halus
  • Beri 1 gelas air dan aduk sampai rata
  • Saring campuran daun pandan tadi
  • Oleskan pada kulit kepala yang terkena ketombe
  • Biarkan selama 10 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan secara rutin minimal 2-3 kali seminggu
NB: Pilihlah cara untuk menghilangkan ketombe hanya satu pilihan saja seperti pada bahan alami jeruk nipis. Hindari penggunaan ganda atau bersamaan, sebab jika dilakukan secara bersamaan misalnya menggunakan jeruk nipis, daun pandan dan lidah buaya, akan dikhawatirkan tidak memberikan dampak positif dan ketombe tidak berhasil dimusnahkan, maka dari itu, pilihlah bahan alami di atas sesuai yang anda suka. (Baca: Cara Merawat Rambut Tanpa Pergi ke Salon)

5. Pengobatan dengan Produk Kecantikan
Selain cara alami untuk mengobati ketombe, anda juga bisa mengobatinya dengan menggunakan produk-produk kecantikan seperti shampoo atau produk lainnya. Namun, untuk mengobati ketombe yang bandel di kepala anda, sebaiknya gunakan produk kecantikan yang terpercaya dan terbukti mampu menghilangkan ketombe. Maka dari itu, pilihlah shampoo dengan kategori:
  • Khusus dibuat untuk menghilangkan ketombe
  • Sudah dipercaya sebagai shampoo anti ketombe
  • Banyak dan umum digunakan
  • Rekomondasi ahli kecantikan dan kesehatan
Ini saja yang bisa saya jelaskan tentang Ketombe~Pengertian, Penyebab dan Pengobatan (Alami atau Medis), mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda untuk mengatasi ketombe yang membandel dan masih betah berlama-lama di kulit kepala anda. Pilihlah cara yang anda suka, baik secara alami atau menggunakan produk kecantikan seperti shampoo dan lainnya. (Masing ingat artikel ini: Cara Menghilangkan Wajah Berminyak)

Jika penjelasan Ketombe~Pengertian, Penyebab dan Pengobatan (Alami atau Medis) ini bermanfaat, mohon direkomondasikan dengan teman-teman anda dengan membagikannya melalui facebook, twitter atau tempat lainnya sebagaimana yang tertera pada kolom dibawah ini.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

27 komentar

ohhh ternyata ketombe adalah pengelupasan kulit kepala toh mas...saya kira itu penyakit dari kutu atau sebagainya. saya pernah juga dikasih tau kalau mau menghilangkan ketombe akut, gundul dulu baru obatin pake jeruk atau minyak dari buah kayu ulin atau kayu belian. tapi mungkin rajin keramas aja sudah bisa menghindarinya, tapi bukan mengobati ya mas. ok terima kasih atas info yang sangat bermanfaat ini.

Balas

Iya mas, itu adalah pengelupasan pada kulit kepala, dan pengelupasan itu kecil-kecil sehingga terlihat seperti debu dan bisa menghilangkan sedikit rasa percaya diri khsususnya bagi kaum wanita :D

Balas

Lidah buaya saya pernah makainya,mirip pakai sampo.

Balas

Ketombe disebut kelemumur di Malaysia.. :)
terkadang ia bole tiba2 menjadi banyak dan juga sikit, mungkin ya tergantung pada proses pengelupasan sel.. terimakasih share petua diatas, in shaa Allah, akn dicuba :)

Balas

kalau saya suka pake lidah buaya..hehe

Balas

ketombe memang salah satu yg paling dibenci orang yakang,saya dulu juga pernah mengalamin ketombean dan lidah buaya emang salah satu obat yg ampuh untuk menghilangkannya.

Balas

itulah shampoo saya dulu mas :D

Balas

kelumumur ye, hmmm terbaik tu namanya. Silahkan dicuba ya mbak :D

Balas

keren tu mas, rambut akan terhindar dari ketombe yang bandel :D

Balas

kalau saya kumat-kumatan mas, kalau lagi panas dan berkeringat, duhh ketombe seperti salju di musim dingin :D

Balas

Memang enak loh, cuma sekarang sudah gak sering lagi ketemu lidah buaya, jadi jarang pakainya lagi.

Balas

Saya semula mengira bahwa debu yang hinggap di rambut dan kepala akan ikut menjadi ketombe di kulit kepala, pak Ibrahim...Ternyata tidak demikian rupanya...

Balas

ndak pak, tapi bisa jadi faktor penyebab, sebab tumpukan debu itu akan membuat kulit kepala lembab dan berminyak, lalu proses kulit yang baru akan muncul secara otomatis yang bertujuan untuk melindungi kulit kepala dari iritasi, makanya kita tidak dianjurkan menggaruknya jika gatal, sebaiknya dibilas aja dengan air atau gundul aja heehee, biar enak membersihkannya :D

Balas

nah..bisa diatasi dengan bahan2 alami..
jadi lebih paham juga apam itu ketombe, makasih mas

kalo ngombe berarti haus ya.. :)

Balas

kalau lagi datang rambut berlembab pasti berketombe, lagian yang berkerudung itu rentan terkena ketombe mas..

Balas

Biasanya aku pakek lemon jugak, Bang. Seger gitu jadinya di kulit kepala :D

Balas

metode pengobatan alami itu sangat bagus sayangnya nyari tanamannya susah kalo di perkotaan :)
jadi lebih mudah ke apotek beli sampo ketoconazole

Balas

Saya rasa ndak la mbak, tapi entahlah. Yang pastinya kita harus menjaga kulit kepala supaya sehat dan tidak berketombe :D

Balas

bisa juga tu beb, yang penting ketombe menjauh :D

Balas

benar juga tu mas, ndak ribet ya :D

Balas

oh, itu ya gambar bakterinya.
baru tau nih.

Balas

ketombe memang salah satu hal yang sering di keluhkan,terimakasih informasinya bermanfaat sekali :)

Balas

sama-sama mbak defa :D

Balas

heehee, saya juga ni mbak :D

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis