Terwujud

Inilah Cara Efektif Menghadapi Persaingan di Tempat Anda Bekerja



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Cara Efektif Menghadapi Persaingan di Tempat Anda Bekerja~Sudah menjadi rahasia umum jika anda bekerja satu kantor atau satu tempat, maka akan dihadapkan dengan teman atau rekan yang iri, tidak senang dan selalu bersaing dengan anda. Jika persaingan itu sehat, hal tersebut tidak menjadi masalah yang besar bagi anda, namun bagaimana jika persaingannya diiringi dengan niat dan tujuan untuk menghancurkan karir anda sehingga berujung PHK atau setidaknya anda akan turun jabatan, tentu akan mengganggu kosentrasi dalam menghadapinya, bahkan bisa menimbulkan stress.
Persaingan,karyawan,bekerja
Walaupun demikian, tentu tidak diharapkan terjadinya persaingan yang kotor, maka dari itu anda jangan mengikuti persaingan yang seperti itu. Nah!, untuk menghadapi persaingan yang sehat, silahkan ikuti Cara Efektif Menghadapi Persaingan di Tempat Anda Bekerja berikut ini.

1. Ingat Tuhan dan selalu berdoa
Ingatlah bahwa segala sesuatu itu akan berjalan dan terjadi atas ijin Tuhan yang Maha Esa, maka dari itu pintalah perlindungan kepadaNya agar pekerjaan anda selalu lancar dan terhindar dari mereka yang tidak senang kepada anda. (Baca: 6 Alasan Karyawan Mengundurkan Diri dari Pekerjaannya)

2. Banyak Belajar
Belajar merupakan hal yang wajib kita lakukan, begitu juga dengan persaingan yang sehat. Belajar di sini adalah bagaimana kita mampu meningkatkan kualitas keterampilan kita, sebab dengan begitu apa yang kita kerjakan akan semakin membaik.

3. Kejahatan dilawan dengan Kebaikan
Nah, persaingan biasanya terikat dengan rasa iri, dengki dan saling menjatuhkan. Namun, jangan bagi anda. Sikapilah saungan anda dengan sikap baik walaupun saingan anda tersebut menampakkan rasa iri, dengki dan benci dengan anda, sebab kebaikan akan selalu mengalahkan kejahatan.

4. Intropeksi Diri
Selalulah bercermin, maksudnya coba intropeksi diri anda mengapa ada orang yang tidak suka dengan anda, bahkan menunjukkan persaingan yang kotor dengan anda. Mungkin ada ucapan, tingkah laku atau apalah itu yang membuat teman kerja anda sakit hati.

5. Selalu Minta Maaf dan Ramah Tamah
Minta maaf merupakan perbuatan yang mulia walaupun berat rasanya. Jika ada saingan anda yang bersaing tidak sehat, maka minta maaf kepadanya, sehingga jalan untuk memfitnah anda tidak ada alasannya, sebab anda selalu menunjukkan sikap ramah dan pemaaf. (Lihat juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan Secara Optimal

6. Mencari tempat kerja yang baru
Jika persaingan kotor tidak mampu anda benteng, atau teman kerja anda begitu agresif ingin menjatuhkan anda, maka carilah tempat kerja yang baru, sebab jika anda bertahan dan berlama-lama, dikhawatirkan akan timbul silang sengketa yang berakhir seteru. (Bacalah: Cara Membuat Penilaian Kinerja yang Tepat dan Efektif)

^^6 Cara Efektif Menghadapi Persaingan di Tempat Anda Bekerja di atas bisa anda terapkan ketika anda masuk ke dalam ranah persaingan, tapi ingat! Lakukanlah persaingan yang sehat, sebab persaingan yang sehat itu akan membangun karir dan keterampilan anda untuk terus maju dan bersinergi dalam bekerja. Semoga bermanfaat !.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 29 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. untuk poin 6 bukan berarti penjilat oke om

    ReplyDelete
  2. bner mas ... sy sllu berusaha bersikpa baik dengan semuanya walau terkadang ada kerikil yag menggau jalan sy ,,, tpi itu adalah sdkit dri sebuah proses ,,,

    lbh baik sy merangkak dri bawah, dri pada lngsung brda di psisi terats tapi kadang banyak yg terbuai ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah memang susah kalau udah kena buai ama kekuasaan yamas

      Delete
  3. saya paling benci persaingan di tempat kerja, asli beneran deh bikin komunikasi sama teman kerja yang tadinya hangat jadi canggung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. persaingan itu akan tetap ada mbak, sebab rasa iri, takut tersaingi dan lain sebagainya selalu ada datang dan selalu singgah pada setiap orang, maka dari itu, jadikalah persaingan itu sebagai ajang kompetisi untuk meraih ilmu dan kerja keras :D

      Delete
    2. Setuju mas Ibrahim. Persaingan di dunia kerja memang tak mungkin dihindari. Baik sebagai karyawan maupun membuka usaha sendiri, pasti selalu ada persaingan. Tinggal kita bagaimana sikap kita menyikapi persaingan ini. Lebih baik fokus memperbaiki diri daripada mencari-cari kesalahan orang lain. Toh, rejeki udah ada yang ngatur. Persis seperti poin-poin di atas.

      maaf nih mas, saya nggak bisa komentar di bawah. Bisanya reply komentar sebelumnya udah masuk, kayak gini.
      Selamat bermalam minggu, mas. :D

      Delete
  4. persaingan dalam kerja pasti selalu ada yang terpenting kita hadapi dengan baik dan selalu berpikir positif,dan point yang paling penting selalu ingat dan berdoa kepada-Nya

    ReplyDelete
  5. Persaingan dalam dunia kerja memang hal yang lumrah, asal bisa nunjukin prestasi dan bukan sensasi

    ReplyDelete
  6. saya setuju dengan keenam tipsnya mas.

    apalagi yg point kedua,kita mesti mengambil sisi positifnya yamas.menjadikan persaingan tersebut sebagai lecutan motivasi untuk lerbih baik lagi

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat sekali tipnys sobat..
    kita perlu bersaing dalam tempat kerja namun bersaing yang sehat
    salam sukses

    ReplyDelete
  8. yang jelas harus terus meningkatkan kemampuan kita jangan sampai kalah ya mas. untung aja saya bekerja di tempat sendiri. hehee

    ReplyDelete
  9. Wah semuanya udah saya laksanakan Pak Ibrahim....

    ReplyDelete
  10. cara dan langkah diatas pasti hasilnya postif dan memuaskan, smakin baik di tempat kerja

    ReplyDelete
  11. Saya setuju dengan ke 6 poin di atas mas Ibrahim, dengan catatan poin-poin tersebut tidak digunakan untuk pencitraan saja di perusahaan tempat kita bekerja.

    Jika boleh menambahkan 1 poin lagi mas, jangan pernah ragu untuk mencoba ke perusahaan lain. Hindari beranggapan bahwa perusahaan tempat kita bekerja sekarang adalah yang terbaik untuk karir kita. Masih sangat banyak perusahaan-perusahaan yang lebih baik dari perusahaan kita sekarang.

    Dengan begitu kita akan lebih siap menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat. :D

    ReplyDelete
  12. saya sependapat dan setuju akan tipsnya mas .

    ReplyDelete
  13. Dengan persaingan sehat, sih bagus sehingga saling memotifasi untuk menjadi terbaik,

    ReplyDelete
  14. Gak bisa dipungkiri emang, setiap dilingkungan kerja pasti ada persaingan. Tapi bagaimana kta bisa membuktikan menjadi yang trebaik dari yang baik-baik. Dengan cara yang bersih tentunya, gak menghalalkan segala cara.
    Dan gak perlu minta pengakuan dari orang lain, biarkan orang lain yang menilai. Karena penilaian orang berbeda-beda. Ambil sisi positifnya untuk kebaikan kualitas kerja yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  15. untung saya tak harus bersaing dengan pkerja lain,namun artikel ini pasti bermanfaat untuk adik adik saya

    ReplyDelete
  16. poin 3 dan yang terakhir itu sudah jadi hal biasa dan pasti terjadi. intinya kembali ke laptop back to number 1 nice tips sobat. artikel ini sangat mencerahkan

    ReplyDelete
  17. jadi inget saat masih ngantor...
    hubungan yg baik dengan teman kantor, bisa menjadikan hubungan kekeluargaan yang baik , bahkan melebihi saudara sendiri :)

    ReplyDelete
  18. Kadang persaingan dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja kita dalam bekerja..

    ReplyDelete
  19. 6 poin di atas semua sudah saya laksanakan, intinya poin 1 yg utama :)

    ReplyDelete
  20. Saya lebih suka membangun rasa kekeluargaan sesama rekan kerja mas,karena pekerjaan ini untuk orang yang keras.

    ReplyDelete
  21. Wah kalau yang ini mungkin bisa jadi pelajaran saya kedepan mas. Kebetulan sampai saat ini saya masih mencari pekerjaan. Saya kira persaingan terjadi pada saat kita mendaftar dan melamar pekerjaan saja, ternyata di dalam juga kurang lebih hampir serupa. Nice tips mas :)

    ReplyDelete
  22. persaingan itu penting bagi meningkatkan produktiviti kerja.. namun persaingan perlu secara sihat..

    ReplyDelete
  23. terimakasih udah mengingatkan, ingan Tuhan dimanapun itu perlu banget plus berpikir positif :)

    ReplyDelete
  24. Yang terpenting kita punya keahlian yang bisa buat bos suka, soale sikut-menyikut seringkali tak bisa dihindari.

    Padahal dengan persaingan sehat lebih aman dan tak ada yang terluka perasaan. Biasanya akan menimbulkan kebencian dan ketidaknyamanan saya sendiri pernah merasakannya.

    Mudah-mudahan aja mereka itu menyadari bahwa yang nama persaingan dengan kecurangan hanya akan membuat sesuatu yang asik jadi kacau.

    Makasih pak.

    ReplyDelete
  25. Poin pada nomor 4 itulah yang menurut hemat saya yang utama
    Selalu meningkatkan kemampuan diri

    ReplyDelete
  26. Artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih dan salam kenal.
    sebagai referensi lain saya juga menulis "5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan "

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved