Terwujud

Copywriter Adalah



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Copywriter
Kita mungkin sering mendengar istilah “Copywriter”, tapi sebenarnya apakah kita benar-benar paham apa itu copywriter? Pada artikel ini mari kita bahas tentang Copywriter.

Mungkin untuk yang sering masuk pada platform-platform lowongan kerja, atau patform freelance kita banyak mendengar istilah tersebut. Yuk mari kita bahas apa sih sebenarnya Copywriter

Pengertian Copywriter
Copywriter adalah profesi menulis dengan tujuan mempromosikkan atau memasarkan produk maupun jasa yag ada dari klien atau perusahaan. Istilah copywriter, beberapa tahun ini menjadi semakin sering dibicarakan dan menjadi popular. Perkembangan bisnis yang tak lagi konvensional menjadi menyebabkan hal demikian. Ditambah dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat hari ini.

Kini banyak perusahaan atau brand yang sudah memulai dan menyadari pentingnya representasi mereka di berbagai media, baik online maupun offline.

Biasanya Copywriter menulis, memuat dan mempublikasikan informasi, manfaat, dan kelebihan suatu produk maupun jasa. Tujuannya adalah membuat brand tampak lebih bernilai sehingga menarik pembeli untuk membeli produk tersebut.

Biasanya salinan/copy bersifat persuasif guna mendorong adanya perubahan pandangan dan kepercayaan dari audiens. Jadi tulisan seorang copywriter yang bagus adalah mereka yang mampu membujuk penerima pesan agar mengambil keputusan untuk membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa yang dipasarkan dan menjadi pelanggan setia produk barang atau jasa tersebut. Jadi copywriter adalah profesi yang sekarang banyak dicari karena sangat penting.

Baca juga : Daftar isi ? begini cara membuatnya otomatis

Perbedaan Copy writer dan Contentt writer
Contentt writer mempunyai tugas menulis suatu konten/pesan yang memiliki nilai untuk disampaikan kepada pembaca Tujuannya bisa banyak, tapi intinya adalah terkait bisnis semacam pemasarn, komersil dan lain sebagainya. Penulis konten digunakan untuk membuat pelanggan tertarik. Tugas Content writer adalah menarik pelanggan yang potensial untu selanjutnya dididik tentang produk/jasa yang ditawarkan oleh suatu brand. Terdapat banyak jenis karya Content writing, diantaranya adalah siaran pers, blogspot, artikel, berita, dan lain sebagainya. Tugas dari seorang Content writer adalah menghasilkan konten yang bisa memasarkan suatu produk secara maksimal.

Baca juga : apa itu Zoho mail ?

Secara sederhana proses menulis konten ini dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan pemasaran produk/jasa dari suatu brand. Konten yang bagus adalah, konten yang mampu menjangkau audiens target serta juga mencapai tujuannya yaitu penjualan priduk.

Jika dilihat sekilas sangat mirip dengan Copywriter, untuk lebih memperjelas mari kita bahas lebih dalam lagi terkait Copywriter dan apa bedanya dengan Content Writer.

Copy writer adalah profesi seperti yang telah kita bahas di atas. Proses pengerjaannya adalah copy writing, nah pada bagian ini kita akan membahas copy writing guna memahami lebih dalam cara kerjanya. Mari langsung kita bahas.

Copywriting menjadi bahan pengelola yang bisa membuat sukses Content wrting. Disinilah perbedaanya, jika copywritig bisa juga disebut sebagai salah satu tehnik dalam contet writing. Copywriting juga merupakan pembuat konten yang menarik dan tentu harus memiliki nilai sehingga bisa mempromosikan suatu brand. Menjadi berbeda dengan Contentt writing karena kita tidak harus merubah perilaku audiens. Tugas kita adalah membuat mereka memahami dan berminat terhadap brand yang sedang kita pasarkan.

Sebelumnya copywriting tidak menjadi profesi tersendiri karena digabung dengan departemen atau divisi dalam periklanan. Tetapi seiring berjalannya waktu, copywriting kini dipisahkan untuk mendapatkan focus dalam meningkatkan keterlibatan pemirsa dan mendukung tujuan utama conte writing yaitu penjualan.

Sekang juga muncul istilah SEO copywriting karena bertambahnya audiens online. SEO copywriting sendiri merupakan proses pembuatan copy yang punya tingkat visibiltas tinggi di mesin pencarian semacam Google.

Salinan atau yang lebih dikenal dengan copy dibuat untuk branding (pencitraan sebuah brand). Salinan yang dibuat dapat dikatakan sukses jika nilai brand-nya meningkat dan semakin tampak bagus.

Jadi hampir sama dengan menulis konten, salinan/copy juga perlu menarik perhatian orang. Tetapi dengan menggunakan copywriting sebenarnya hasil yang digunakan harus lebih maju di banding Content writing. Teknik copywriting menjadi gerbang utama ketika orang ingin mengubah sikap hingga akhirnya mereka memilih untuk bertransaksi dengan brand yang sedang kita tawarkan.

Nah tidak lengkap rasanya setelah memahami Copywriter tanpa memberikan tips-tipsnya. Berikut tips menulis konten yang menarik
  1. Tulislah konten dengan proses yang benar yaitu dengan mencantumkan tujuan, bentuk struktur, dan kembangkan kerangka menulis lalu tambahkan kreatifitas dalam menulis agar pembaca tidak bosan
  2. Inti dari konten harus mampu membuat pengalaman yang baru bagi pembaca
  3. Gunakan kalimat yang jelas agar mudah dipahami pembaca
  4. Perkuat argument dengan data dan fakta
  5. Bangun kepercayaan audiens dengan menulis konten yang orisinal.
  6. Jika membuat pernyataan soal brand, gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Hal tersebut membuat audiens merasa terbantu dan terhubung dengan apa yang disampaikan dalam konten tersebut dengan cepat. 
Kesimpulan
Copywriter adalah profesi yang sangat dicari di pasar kerja. Tidak semua orang yang bisa menulis bisa membuat copywriting yang baik. Bagaimana apakah anda berminat menjadi copywriter?


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 6 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. WOW, being a copywriter sounds really fascinating!
    It also sounds like an extremely skilled profession though...one that not a great deal of writers would be able to achieve.
    This has been a very interesting read...thank you so much! :))

    Have a good day!

    Greetings from England.

    ReplyDelete
  2. Pengin juga belajar seo copywriting.
    Biasanya pembaca diarahkan untuk mengambil tindakan seperti membeli atau mengikuti sesuatu ya.

    Wah, cocok untuk bisnis nih. Pe er besar untuk menjawab tantangan usaha di masa depan.

    ReplyDelete
  3. hampir sama emang, tergantung jasanya masing masing hihi

    ReplyDelete
  4. Kemarin sempat memantapkan diri belajar seluk beluk copywriting di salah satu pengembangan skill. Dr sana dpt ilmu yg luar biasa, soalnya selama ini nulis hanya sebatas nulis. Wkwkw

    ReplyDelete
  5. Sederhana tapi tak mudah ya hahaha

    ReplyDelete
  6. agak bingung saya. apa begini, content writer sdh pasti copy writer tapi tidak sebaliknya. gitu bukan ya

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved