Terwujud

Wisata Bandung - Panduan ke Museum Geologi Bandung



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Deskripsi: Bagi yang ingin liburan sekaligus belajar, museum adalah tempat paling pas. Ada Museum Geologi Bandung yang layak dikunjungi.

Selain alamnya yang indah, Bandung mempunyai satu tempat bersejarah yang menarik perhatian, yaitu Museum Geologi Bandung. Museum ini dibangun pada tahun 1928 dan telah direnovasi sebelum akhirnya dibuka kembali pada tahun 2000 silam. Museum tampak seperti bangunan tua dari luar, namun didalamnya terdapat fosil, batu-batuan, dan mineral. 


Mau tahu informasi lengkap tentang museum, seperti pembagian lantai, lokasi, harga tiket, tips dan trik berkunjung? Simak pada setiap poin berikut ini.

1. Lantai 1 Museum Geologi Bandung
Lantai ini dibagi menjadi tiga ruangan yang berbeda. Di ruang Barat, diisi dengan informasi tentang sistem tata surya, terbentuknya lempeng tektonik, dan proses pembentukan bumi lainnya. Di ruang Timur, diisi informasi tentang sejarah perkembangan makhluk hidup yang ada di bumi, fosil, dan lainnya mulai dari zaman primitif hingga modern. 

Di ruang terakhir, yaitu Tengah diisi informasi tentang museum, animasi kegiatan geologi dan layar lebar, dan pelayanan penelitian serta pendidikan.

2. Lantai 2 Museum Geologi Bandung
Sekat atau ruang yang ada di lantai ini sama seperti di lantai 1. Hanya saja, terdapat beberapa perbedaan di bagian isinya. Di ruang Barat terdapat ruangan khusus untuk para staf yang mengurusi museum.

Di ruang Timur, ada gambar sumber daya mineral, kegiatan eksplorasi, manfaat mineral untuk manusia, dan informasi lainnya tentang pertambangan. Di ruang Tengah ada miniatur pengeboran gas dan minyak bumi, batu-batuan asal Papua, serta market tambang emas terbesar di dunia.

3. Lokasi museum
Museum Geologi Bandung ini terletak di Jl. Diponegoro No. 57, Cihaur, Kec. Cibeunying, Bandung. Akses menuju museum sangat banyak karena letaknya berada di tengah kota. Mau naik kendaraan pribadi atau angkutan umum, sama saja yang penting sampai.

Kalau kamu bingung, bisa ikuti arah di Google Maps saja. Atau bisa juga menjadikan Gedung Satu (wisata ikonik di Bandung) sebagai patokan karena letaknya tidak jauh dari Museum Geologi.

4. Harga Tiket Masuk
Ini dia yang ditunggu-tunggu, harga tiket masuk museum. Sebenarnya cukup terjangkau, yaitu Rp 2.000 untuk pelajar, Rp 3.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp 10.000 untuk mancanegara. Harga untuk pelajar sengaja lebih murah mengingat tempat ini memang ditujukan untuk tempat edukasi.

Museum buka pukul 8 pagi hingga 4 sore untuk Hari Senin sampai Kamis. Sedangkan Sabtu sampai Minggu buka pukul 8 pagi hingga 2 sore. Sementara pada Hari Jumat dan hari libur nasional, museum akan ditutup.

5. Tips dan trik bepergian
Sederhana saja, pastikan kamu tahu waktu operasional museum agar kedatanganmu tidak sia-sia. Usahakan pergi bersama keluarga atau rombongan agar tak cepat merasa bosan. Jangan lupa bawa bekal sendiri, jadi kamu bisa langsung makan saat perut mulai keroncongan.

Berkunjung ke Museum Geologi Bandung adalah opsi yang tepat daripada menghabiskan waktu di rumah. Penat bisa hilang, wawasanmu tentang sejarah juga tambah. Kalau terkendala karena transportasi, kamu bisa sewa bus pariwisata di TRAC untuk dapatkan daya tampung yang lebih banyak.

Kapanpun kamu butuh, TRAC siap melayani dan akan menyediakan transportasi yang dibutuhkan. Kondisi armada yang bersih, pelayanan tepat waktu, dan antisipatif akan membuat perjalananmu menyenangkan.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 2 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Hatur nuhun kang informasi nya.

    ReplyDelete
  2. Harga tiketnya murah banget dan bisa dapat ilmu tentang geologi juga. Mantap banget.

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved