Terwujud

Cara Membuat Channel Youtube dan Menghasilkan Uang di HP Android Untuk Pemula 2021



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja

Cara Membuat Channel Youtube dan Menghasilkan Uang di HP Android Untuk Pemula

Pada artikel ini saya mau berbagi tutorial tentang Cara Membuat Channel Youtube dan Menghasilkan Uang di HP Android Untuk Pemula, disimak terus ya !

Capek dan Bosen Membaca, Tonton aja Videonya

Tutorial kali ini ditujukan bagi kawan2 pemula atau yang belum paham membuat channel youtube, bagi yang sudah tau, silahkan video ini diabaikan saja. Oya kawan2, untuk mempermudah, tampilannya saya ubah menjadi lenscape dan saya juga telah membuat segmen pada video ini, jadi kawan2 tinggal pilih segmen tertentu sesuai yang ingin kawan2 tonton.

Sebelum membuat channel youtube, saya sarankan untuk membuat akun baru, hal ini bertujuan agar akun kawan2 yang sudah ada tidak bercampur dengan akun youtube yang akan dibuat dan tentu hal ini akan mempermudah kawan2 untuk mengelolanya. Tapi semua itu, tergantung dengan keinginan kawan2.

Oke, untuk membuat channel youtube sampai menghasilkan uang;

1. Membuat akun dan channel baru youtube

Pertama-tama silahkan buka aplikasi youtube kawan2, kemudian klik di bagian frofile, setelah itu klik tambahkan akun. Karena kita akan membuat akun baru untuk channel youtube, maka klik tulisan buat Akun. kemudian, pilih tulisan "untuk diri sendiri", Kemudian silahkan isi nama akunnya, contohnya Ibrahim Anwar Lubis, kemudian klik berikutnya, selanjutnya silahkan isi tanggal, bulan dan tahun serta jenis kelamin kawan2. Bagi kawan2 yang usia di bawah 18, wajib mengisi umur di atas 18 tahun, hal ini akan mempengaruhi saat membuat akun adsense.

Setelah itu, silahkan klik berikutnya. kemudian, silahkan buat alamat gmail nya, jika alamat email tidak berhasil, berarti alamat email tersebut sudah ada yang memiliki, pastikan alamat email yang kawan2 buat tidak ada yang punya, kawan2 juga bisa menggunakan alamat email berdasarkan rekomendasi dari google seperti yang terlihat di sini.

setelah itu, silahkan klik berikutnya, kemudian isi kan pasworrd kawan2, buatlah kata sandi yang rumit agar akun youtube kawan2 aman dan terhindar dari hacker. Sebelum membuat password, pastikan kawan2 mencatat atau mengingat passwordnya. Setelah itu, silahkan klik berikutnya. Kemudian, silahkan tambahkan nomor telepon kawan2 yang aktif, nomor telepon ini berguna untuk mempeverifikasi dan penyelamat jika sewaktu2 kawan2 lupa kata sandi akun channel youtube kawan2. Masukkan Kode verifikasi yang dikirimkan melalui sms ke nomor telepon kawan2, kemudian klik berikutnya.

Selanjutnya, silahkan scrol ke bawah dan klik ya saya ikut, kemudian scrol lagi ke bawah dan klik saya setuju. Nah, untuk akun channel sudah selesai, saatnya membuat nama channel youtube kawan2, mengganti poto profile dan mengubah headernya.

2. Membuat nama Channel, mengganti foto profile dan mengganti header

Untuk membuat atau mengganti nama channel youtube, silahkan buka aplikasi youtube, kemudian klik profile dan pilih channel anda, setelah itu klik "edit channel", ganti atau ubah nama channel dengan mengklik tanda pensil di pojok kanan atas. Untuk deskripsi juga bisa kawan2 edit sesuai topik dari channel kawan2.

Klik pada edit profile untuk mengganti foto profile atau mengubahnya, contohnya seperti ini. Kemudian, klik di bagian header untuk mengganti atau mengubah headernya.

3. Verifikasi Nomor Telephon

Langkah selanjutnya adalah memverifikasi nomor telepon. Verifikasi ini akan mengaktifkan Kelayakan Fitur youtube di channel kawan2. Untuk mengaktifkannya, 

buka youtube melalui browser chrome di versi desktop, kemudian Silahkan klik profile, setelah itu Pilih channel anda, Kemudian, klik tanda garis 3 seperti ini, kemudian scrol ke bawah dan klik setelan. setelah itu, Pilih akun dan klik tulisan status dan fitur channel.

Oya kawan2, jika terjadi hal seperti ini, jangan pusing ya, ini merupakan peralihan otomatis yang diarahkan ke aplikasi youtube studio apalagi telah terinstal di HP kawan2, cara mengatasinya, coba klik titik 3 kemudian atur lagi menjadi tampilan desktop. setelah itu, coba klik lagi status dan fitur channel. Apabila masih seperti tadi, silahkan di ulangi lagi sampai youtube studio versi desktop tampil seperti ini.  Kemudian, di bagian kelayakan fitur, silahkan pilih tulisan fitur menengah, klik dibagian ini, nah di sini diterangkan bahwa fitur ini jika diaktifkan akan berguna untuk upload video dengan durasi lebih dari 15 menit, mengganti thumbnail kustom, live streaming dan mengajukan banding atau claim content. Jadi untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan di klik "verifikasi nomor Telephon", Kemudian pilih saja bagian "Kirimkan kode verifikasi melalui sms, selanjutnya silahkan pilih negara Anda, setelah itu silahkan masukkan nomor telepon kawan2 yang aktif, klik "dapatkan kode" dan silahkan cek pesan masuk yang berisi kode verifikasi dari Youtube sebanyak 6 digit, kemudian silahkan masukkan kodenya, setelah klik kirim. Jika tampilannya seperti ini "Selamat, nomor telepon anda telah terverifikasi", maka kelayakan fitur di channel youtube kawan2 sudah aktif.

4. Setting Channel

Langkah selanjutnya masuk kebagian setting channel. Sebelum mengupload video, alangkah baiknya kawan2 melakukan setting atau pengaturan dasar di channel youtube nya, adapun caranya yaitu:

Silahkan menuju ke bagian Setelan, kemudian klik channel, di bagian info dasar atur negara, kemudian atur kata kunci untuk channel. kata kunci ini sangat penting karena menggambarkan isi dari tema atau topik channel kawan2, jadi silahkan buat kata kunci sesuai dengan topik channelnya. Kemudian, silahkan beralih ke menu setelan lanjutan, bagian ini, pilih tidak,  bagian teks otomatis, silahkan dicentak kotaknya, Kemudian di bagian default upload, pada info dasar, untuk visibilitas saya lebih suka memilih pribadi, hal ini berguna jika saat mengupload video tidak langsung menjadi publik, tapi pilihan ini tergantung pada keinginan kawan2. untuk bagian lainnya, kosongin saja karena bisa di isi manual saat mengupload video. kemudian pilih setelan lanjutan, atur bagian bagian bahasa dan pilih bahasanya sesuai dengan bahasa video dan deskripsi video.

Cara Menghasilkan Uang

Oke kawan2, akun channel youtube kawan2 sudah selesai, saatnya mencetak uang!!, nah, untuk mendapatkan pundi2 rupiah di channel youtube, maka kawan2 terlebih dahulu harus memenuhi syarat dan ketentuan dari youtube yaitu harus mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, selain itu konten video yang kawan2 upload juga harus original dan harus mematuhi peraturan dari komunitas youtube, jika tidak maka sia sia lah sudah apa yang kawan2 usahakan.

Cara Mendapatkan 1000 Subscriber dan 4000 Jam tayang

Nah, banyak cara agar mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, diantaranya:

1. Membidik keyword yang tepat

Buatlah judul konten kawan2 dengan optimasi keyword yang tepat. Tahukah kawan2 keyword itu apa, yupsss, keyword atau kata kunci adalah kata-kata atau kalimat yang sering diketikkan banyak orang melalui kolom pencarian di youtube, maka dari itu usahakan untuk membuat keyword yang tepat sesuai dengan topik dan konten video kawan2. untuk mendapatkan ide membuat keyword, kawan2 bisa menggunakan tubebuddy, keywordtool.io atau mesin penelusuran youtube sendiri. pilihlah keyword yang berada diurutan paling atas dari kumpulan2 keyword, kemudian sesuaikan dengan topik dari konten yang kawan2 ingin buat. Misalnya tentang konten memasak, silahkan ketik keyword "cara memasak", silahkan dilihat kira2 keyword apa yang berada diurutan 1-2, untuk urutan 1 atau keyword cara memasak cumi, kedua cara memasak ayam kecap. Kemudian, keyword ini bisa kawan2 jadikan ide dengan membuatnya sedikit berbeda tetapi keywordnya tetap sama, misalnya mengubahnya menjadi "cara Mudah memasak cumi yang enak dan empuk".

2. Optimalisasi algoritma di youtube

setelah membuat keyword, saatnya mengoptimalkan algoritma youtube, tujuannya agar mesin youtube mudah menemukan video yang kita buat. Untuk mengoptimalkan algoritma youtube, silahkan tulis judul atau keywordnya, kemudian tulis deskripsi dengan memasukkan keyword/judul maksimal 3 keyword. Usahakan bahasa deskripsinya nyambung dan tidak terkesan monoton karena relevansi keyword yang tidak sesuai. Setelah itu, optimalkan juga di bagian tag, silahkan masukkan keyword secara utuh dan keyword secara terpisah serta tulis juga keyword yang relevan dengan judul video yang dibuat.

3. Share ke Media Sosial

Nah, tahap selanjutnya adalah ngasih tau ke orang-orang tentang konten video kawan2, cara dengan menshare video ke media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, telegram, snackvideo, tiktok dan aplikasi2 media sosial lainnya. Namun, perlu diingat, berdasarkan pengalaman saya, sebaiknya tidak langsung menshare link aktif, karena ini membuat orang jenuh dan jarang mengkliknya, sebaiknya share video kawan2 secara alami. Caranya dengan memberikan informasi seputar video kawan2, kemudian jelaskan manfaatnya bagi yang menonton kemudian sertakan dengan sebuah foto dan bubuhi nama channel kawan2 untuk mempermudah penonton ke channel kawan2 jika penonton tertarik untuk mengunjunginya.

Banyak yang bilang cara ini terkesan lamban, yupps harus saya akui jika cara ini membutuhkan kesabaran dan keseriusan, namun jika berhasil, dampaknya luar biasa untuk perkembangan channel, namun bagi kawan2 yang ingin lebih cepat lagi, ada satu metode yang sudah saya rasakan dampaknya, apa itu?, metode tersebut adalah saling kunjung mengunjungi dengan cara berkomentar ke sesama youtuber. Cara ini lebih cepat dampaknya dibandingkan dengan cara menshare video ke media sosial. namun, walaupun demikian, tetap saja cara ini membutuhkan kesabaran, ingat, untuk sukses tidak diraih dengan instan, siapapun orangnya baik artis sekalipun, tetap membutuhkan sebuah perjuangan.

Oke, kawan2, sampai sini dulu tutorial tentang Cara Membuat Channel Youtube dan Menghasilkan Uang di HP Android Untuk Pemula, semoga cara yang saya utarakan berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil dari belajar ke mastah2 bermanfaat bagi kawan2 semua, jika masih ada yang belum paham, silahkan tanyakan saja melalui kolom komentar, terima kasih !! salam sukses !



Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved