Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Penyebab Batuk Berdahak dan Batuk Kering (Tidak Berdahak)


Salah satu penyebab terjadinya batuk berdahak karena adanya peradangan atau inflamasi pada pernafasan. Tetapi peradangan pernafasan juga bisa memicu timbulnya batuk kering atau sering disebut dengan batuk tidak berdahak. Secara umum, batuk berdahak disebabkan adanya saluran pernafasan bagian atas yang bermasalah, sedangkan pada batuk tidak berdahak terjadi akibat adanya infeksi pada paru-paru. Baca dulu Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak dan Cara Alami Mengobati Batuk Tidak Berdahak

Batuk Berdahak dan Batuk Kering (Tidak Berdahak) merupakan penyakit yang amat mengganggu, sebab rutinitas batuk tidak bisa dihindarkan jika penyakit ini kambuh, maka dari itu kenali sedini mungkin apa saya penyebab terjadinya batuk berdahak dan tidak berdahak.
Batuk-berdahak-kering
A. Penyebab Batuk Berdahak

1. Inflamasi (Peradangan) Pernafasan
Inflamasi atau peradangan pada pernafasan merupakan penyebab terjadinya batuk berdahak dan bisa juga menyebabkan batuk tidak berdahak, akan tetapi secara umum radang inflamasi ini sering menimbulkan batuk berdahak.

2. Asap Rokok, Kendaraan dan Polusi Udara
Batuk berdahak juga bisa timbul karena pengaruh luar seperti asap rokok, polusi udara dan asap kendaraan. Cara efektif menghindarinya adalah dengan menggunakan masker ketika saat dalam perjalanan.

3. Infeksi pada saluran pernafasan
Penyebab ketiga timbulnya batuk berdahak adalah ditandai dengan adanya infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri jahat dan virus.

4. Asam lambung naik
Meningkatnya asam lambung juga menjadi pemicu datangnya batuk berdahak, walaupun kasus yang seperti ini jarang muncul, namun asam lambung yang bermasalah juga bisa menyebabkan penyakit tersebut timbul. Jenis batuk ini merupakan gejala dari penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung sampai ke tenggorokan sehingga merangsang batuk.

5. Flu dan virus
Flu yang terlalu lama dan berlebihan merupakan penyebab timbulnya batuk berdahak yang sering terjadi pada penderitanya, anjuran bagi mereka yang sedang mengalami flu adalah dengan menjaga suhu tubuh untuk selalu hangat.

Flu yang terlalu lama dan tidak diobati bisa menimbulkan terjadinya virus, jika ini terjadi maka penderita akan mengalami flu yang berkepanjangan dan sering mengalami batuk berdahak. Batuk berdahak ini terjadi karena dipicu oleh lendir yang mengalir dari hidung ke bagian belakang tenggorokan. Jangan lewatkan artikel tentang Cara Alami Mengobati Asam Urat dan Cara Mencegah Penyakit Asam Urat


B. Penyebab Batuk Kering tidak Berdahak

1. Penyakit Serius atau berbahaya
Batuk kering bisa juga disebabkan oleh penyakit yang amat berbahaya seperti radang paru-paru, kanker dan penyakit lainnya.

2. Infeksi pernafasan
Penderita infeksi saluran pernafasan biasanya akan mengalami batuk kering tidak berdahak. Batuk tidak berdahak ini akan berlangsung kurang lebih selama 2 minggu, maka dari itu, sebelum penyakit ini berlanjut, sebaikanya penderita segera memeriksakannya ke dokter spesialis.

3. Efek samping obat
Obat berbahan kimia ternyata mempunyai efek samping yang bisa menimbulkan berbagai gangguan termasuk batuk tidak berdahak (batuk kering).

4. Reaksi Alergi
Salah satu penyebab batuk kering yang karena adanya alergi, yang menyebabkan tenggorokan gatal mata memerah atau iritasi dan menyebabkan batuk kering. Untuk menghentikan batuk karena alergi, anda harus bisa menemukan penyebab alergi terlebih dahulu, agar anda bisa mengobati batuk kering

5. Alergi
Sering mengalami bersin juga merupakan gejala yang umum terjadi karena adanya rinitis alergi. Bersin pada rinitis alergi umumnya ditandai dengan datangnya batuk kering.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab yang menimbulkan datangnya penyakit batuk ini, baik itu batuk berdahak atau tidak berdahak (kering), namun dari penjelasan di atas merupakan penyebab umum yang memicu batuk tersebut muncul dan mengganggu penderitanya. Oleh karena itu, sebelum itu terjadi sebaiknya ada pencegahan dini yang bisa anda lakukan,...dan jika itu sudah terjadi, maka segera melakukan pengobatan baik secara alami maupun secara medis.

Demikian penjelasan artikel tentang Penyebab Batuk Berdahak dan Batuk Kering (Tidak Berdahak), semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih ^-^

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

12 komentar

jadi takut akhirna søb søalnya saya lg berdahak , jd pinin diperiksa

Balas

kalau batuk itu memang sangat menyiksa,
kalau mau pergi keluar gak enak. jadi kalau batuk memang harus cepat cepat periksa !!!

Balas

batuk memang sangat menyiksa. terutama batuk kering. tenggrokan sampai sakit di buatnya..

Balas

efek samping dari salah satu obat juga ternyata mampu menyebabkan batuk, makasih share nya :)

Balas

alhamdulillah masih dikasih sakit... :D
alhamdulilah, udah tiga bulan ini saya belum sakit... semoga masih tetap sehat sampai akhir.. aamin :D

Balas

perikasakan saja mas, soalnya kalau dibiarkan bisa berbahaya heehee

Balas

betul sekali mas, kesehatan itu perlu kita jaga

Balas

kalau batuk kering pasti tenggorokan sakit sekali mas, makanya perlu banyak-banyak minum heehee

Balas

sama-sama mbak defa

Balas

doa tu mbak mew, alhamdulillah masih dikasih sakit :D

Balas

Aduh.. Sakit kali lah itu, Bang.. Pasti nyesek ya kan.. :( Aku jarang sakit sih, mungkin setahun sekali. Tapi bisa sampe yang seminggu gitu.. Hiks..

Balas

iya beb jika dah batuk pasti sakit rasanya tenggorokan

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis