Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Bingung Menjawab saat Wawancara? Berikut tipsnya


Tips Menjawab saat Wawancara ~ Pada umumnya hal yang banyak terjadi kegagalan adalah ketika sobat telah sampai pada tahap wawancara, hal itu karena daftar pertanyaan yang diajukan tidak sesuai jawabannya. Penyebab kebingungan ketika sobat menjawab pertanyaan dan jawaban itu tidak tepat bisa dikarenakan tidak tahu, grogi, ndak paham akan pertanyaan atau disebabkan lainnya.
Wawancara
Maka dari itu, sebaiknya anda belajar terlebih dahulu sebelum wawancara menghampiri anda, tentu sobat tidak mau gagal bukan hanya karena salah menjawab. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa penjelasan terkait dengan tata cara menjawab pertanyaan ketika sobat sedang diwawancarai. (Sebelumnya, sobat bisa membaca Cara Ampuh Meningkatkan Kemampuan Kerja )

1. Ketika di tanya tentang Keterampilan dan Pengalaman
Yakinkan diri sobat dan pewancara bahwa sobat mempunyai keterampilan dan pengalaman yang mumpuni. Hal itu berarti sobat telah siap secara professional ketika diminta untuk bekerja nantinya. Bagaimana meyakinkannya? Jelaskan bahwa sobat ahli dan mampu bertanggung jawab atas keterampilan sobat tersebut. (Baca juga: Mau Karir anda Tetap Sukses? Lakukan 5 langkah Berikut ini! )

2. Berikan Gagasan yang akan sobat lakukan jika diterima menjadi karyawan
Yakinkan pewancara jika sobat adalah orang yang tepat untuk diterima menjadi salah satu karyawan diperusahaan atau lembaga tempat sobat melamar pekerjaan tersebut. Meyakinkan hal itu bisa sobat lakukan dengan memberikan ide atau gagasan kreatif yang berkaitan dengan tempat sobat akan bekerja. Mislanya sobat melamar di toko roti, maka sobat bisa meyakinkan pewawancara dengan:
  • Membuat upaya se-kreatif mungkin untuk meningkatkan nilai penjualan roti
  • Ruang lingkup promosi yang unik dan menarik minat pembeli
  • Publikasi kepada calon pembeli dengan strategi yang cukup meyakinkan
  • Membuat pelatihan dan seminar tertentu sebagai mediasi promo dan peningkatkan kemampuan karyawan
  • Membuat statistik laporan laba yang diperoleh dengan hitungan minimal kerugian
  • Meningkatkan mutu dan kualitas penjualan dengan beberapa cara cepat dan tepat
  • Menggunakan dasar-dasar ilmu, pengetahuan, pengalaman dan sistem pembelajaran
3. Memberikan penjelasan akhir tentang tujuan utama
Dari penjelasan pada poin dua, maka berikan tujuan utamanya, sebab dengan begitu, pewawancara akan tahu tujuan dan langkah apa yang akan dilakukan perusahan demi mewujudkan ide atau gagasan sobat jika diterima. Tujuan utama tentu tidak akan jauh dari gagasan yang sudah anda jelaskan sebelumnya, dan yang harus anda ingat adalah poin terakhir yaitu mendapatkan laba yang besar dengan tidak membuat orang rugi karena keuntungan perusahaan. (Lihat: Cara Efektif Mendapat Pekerjaan dengan Mudah )
Pada intinya, setiap perusahaan atau lembaga akan mengakomodir terlebih dahulu spesifik keahlian anda, maka dari itu pahamahi terlebih dahulu status pendidikan anda. Jangan sampai sobat menjelaskan latar belakang yang salah, misalnya sobat dari lulusan informatika, maka yakinkan perusahaan jika sobat merupakan lulusan yang sudah professional dengan menjelaskan kemampuan sobat di bidang ilmu informatika, bukan ilmu kesehatan atau yang lain, walaupun sobat mengetahuinya.
^^ Demikianlah penjelasan tentang Bingung Menjawab saat Wawancara? Berikut tipsnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jika ada saran dan kritik, mohon dilampirkan pada kolom komentar yang sudah tersedia.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

wah, bermanfaat ini infonya. Kalo dalam wawancara, biasanya suka ada itu pertanyaan "apa yang membuat kami yakin bahwa anda pantas kami terima" dan poin kedua tersebut bisa menjadi acuan buat menjawab.

Balas

Selain dari yang tiga di atas, sikap mental dan integritas pribadi mungkin ditanya juga oleh si pewawancara, ya pak Ibrahim?

Balas

betul sekali mas, kita memang harus yakin ya dalam menjawab :D

Balas

betul pak, dan biasanya itu mengarah pada ranah sikologis kita ya :D

Balas

Sangat bermanfaat nih buat saya mas,, bisa nih di inggat nantinya,,

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis