Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Jenis-Jenis Vitamin, Fungsi dan Sumber Vitamin untuk kesehatan Tubuh


Vitamin merupakan kumpulan senyawa organik yang amat penting bagi tubuh manusia. Vitamin memiliki peran penting untuk mengatur proses metabolisme dalam tubuh. Gambaran umum, dinyatakan jika vitamin tidak dapat diproduksi tubuh, namun fungsi vitamin sangat berpengaruh untuk tubuh, hal itu ditandai dengan manfaat dan fungsinya yang beragam.
Vitamin
Vitamin dalam sejarah penggunaanya pertama kali digunakan oleh Chesimir funk tahun 1912 dalam rangka penyembuhan penyakit beri-beri (zat dalam makanan yang dibutuhkan tubuh dan mengandung unsur nitrogen Amine seiring berjalan waktu dari vitamine menjadi vitamin). Vitamin menjadi 2 kelompok yaitu:
  • Vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan C
  • Vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E dan K
Dalam tubuh kita, sangat perlu sekali asupan Vitamin, sebab jika kekurangan Vitamin, maka itu akan menyebabkan datangnya berbagai penyakit. Tubuh membutuhkan Vitamin dengan takaran yang sedikit, namun jika yang sedikit itu diabaikan, maka proses metabolisme tubuh akan terganggu dan hal ini tidak akan bisa digantikan oleh senyawa yang lain. Lalu, apa saja Jenis-Jenis Vitamin, Fungsi dan Sumber Vitamin untuk kesehatan Tubuh? Berikut penjelasannya secara rinci.

Vitamin A
1. Fungsi Vitamin A
Vitamin A merupakan Vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini juga dikenal dengan sebutan Retinol. Vitamin A berfungsi untuk penglihatan. Selain itu, Vitamin merupakan salah satu komponen penyusun pigmen pada mata. Selain untuk menjaga kesehata Mata, Vitamin A juga sangat penting perannya untuk menjaga kesehatan, menjaga kekebalan tubuh dan pertumbuhan serta perkembangannya. Vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. ( Baca: Cara Alami Mencegah dan Mengobati Ambeien (Wasir) )

2. Sumber Vitamin A
  • Nabati: Karoten yang didapat dari sayuran berwarna hijau dan buah-buahan yang berwarna kuning seperti wortel, pepaya, pisang dan lain sebagainya.
  • Hewani: Hati, Kuning telur, mentega, susu dan minyak ikan
3. Resiko karena kekurangan Vitamin A
Jika anda kekurangan vitamin A, maka hal ini akan berdampak buruk pada gangguan penglihatan anda, bisa menimbulkan rabun senja, penurunan daya tahan tubuh dan katarak.

Vitamin B
Vitamin B berperan penting untuk tubuh sebagai senyawa koenzim yang mampu meningkatkan laju reaksi metabolisme dalam tubuh terhadap berbagai jenis energi. Keterangan lainnya juga menjelaskan bahwa jenis-jenis Vitamin B yang lain juga berfungsi membentuk sel darah merah. Vitamin B terbagi dalam 5 golongan yaitu Vitamin B1, B2, B5, B6 dan B12. (Baca: Cara Alami Mencegah dan Mengobati Influenza )

A.  Vitamin B1
1. Fungsi Vitamin B1
Vitamin B1 atau nama ilmiahnya disebut Tiamin Hidroklorida merupakan jenis Vitamin yang mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan kulit dan membantu proses pembakaran karbohidrat yang diubah menjadi energi, membatu proses metabolisme protein dan lemak.

2. Sumber Vitamin B1
Adapun sumber dari Vitamin B1 bisa anda temukan melalui jenis makanan seperti gandum, nasi, daging, hati, susu, telur dan kacang-kacangan.

3. Resiko kekurangan Vitamin B1
  • Bisa mendatangkan penyakit beri-beri
  • Rawan akan penyakit kulit seperti kulit kering dan bersisik
  • Gangguan fungsi saluran pencernaan, jantung dan sistem saraf
B.  Vitamin B2
1. Fungsi Vitamin B2
Riboflavin merupakan nama ilmiah dari Vitamin B2 dimana vitamin ini berfungsi sebagai komponen Koenzim Flavin Mononukleotida dan Flavin Adenine Dinukleotida. 2 enzim dalam Vitamin B2 tersebut berperan penting untuk me-regenerasi energi tubuh dan oxsidasi asam lemak yang juga berfungsi membentuk sel darah merah serta membantu pertumbuhan berbagai organ tubuh seperti rambut, kulit dan kukut. (Baca: Cara Mencegah Penyakit Asam Urat)

2. Sumber Vitamin B2
  • Sayuran segar
  • Kacang kedelai
  • Susu
  • Kuning telur
  • Dan lain-lain
3. Resiko kurang Vitamin B2
Bisa menyebabkan daya tahan tubuh melemah atau menurun, mulut kering, bibir pecah-pecah, kulit kering dan bersisik.

C. Vitamin B5
1. Fungsi Vitamin B5
Vitamin B5 berfungsi sebagai reaksi Enzim tubuh dan reaksi pemecahan nutrisi makanan. Selain itu, Vitamin B5 juga berfungsi untuk neurotransmiter antara sistem saraf pusat dan otak.

2. Sumber Vitamin B5
  • Hewani: daging, hati, susu dan lain-lain
  • Nabati: Sayuran hijau dan kacang hijau
D. Vitamin B6
1. Fungsi Vitamin B6
Vitamin B6 mempunyai nama lain yang juga disebut dengan piridoksin adalah sebuah vitamin yang esensial untuk pertumbuhan tubuh, selain itu, Vitamin B6 berfungsi untuk memproduksi antibodi sebagai sistem pertahanan tubuh atau imun. (Baca: Gejala dan Sebab Timbulnya Penyakit Ambeien (Wasir) )

2. Sumber Vitamin B6
Anda tidak perlu repot mencari sumber Vitamin B6, sebab anda bisa menemukannya melalui beras, jagung, daging, kacang-kacangan dan ikan.

3. Resiko Kekurangan Vitamin B6
Bagi yang kekurangan vitamin ini, maka bisa menyebabkan kulit pecah-pecah, kram otot dan insomia.

E. Vitamin B12
1. Fungsi Vitamin B12
Vitamin B12 disebut juga Kobalamin yaitu jenis khusus yang diproduksi melalui hewan dan tidak dapat anda jumpai pada tanaman atau tumbuhan.

Vitamin B12 berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan sel saraf serta berperan dalam pembentukan molekul DNA dan RNA.

Vitamin C
Vitamin C (asam askorbat) mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, diantara manfaatnya sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan sendi, tulang, kulit dan organ lainnya.

Vitamin C juga antioksidan alami yang mampu menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga hal itu akan meminimalisir resiko terjadinya berbagai penyakit degeneratif seperti kanker payudara, servik dan penyakit yang lain.

Vitamin C juga membantu menjaga kebugaran tubuh dan mampu mencegah penuaan diri. Sumber Vitamin C bisa anda temukan pada buah-buahan seperti jeruk, semangka, tomat dan sayur-sayuran.

Hati-hati jika anda kekurangan Vitamin C, sebab bisa menimbulkan penyakit seperti gusi berdarah, kurang imun dan nyeri-nyeri pada persendian tubuh.
Sebenarnya masih banyak lagi jenis vitamin seperti Vitamin D untuk perawatan tulang, Vitamin E untuk anti oksidan alami dan menjaga jaringan tubuh (mata, sel darah merah, hati dan jaringan kulit), dan Vitamin K berperan untuk pembekuan darah dan berpengaruh pada penutupan luka.
^^ Oleh karena itu, perlu saat ini juga untuk merawat dan menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan bugar, dan itu bisa anda peroleh dengan memperhatikan kebutuhan tubuh terhadap vitamin-vitamin yang diperlukan.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

23 komentar

lengkap banget nih penjelasan vitamin dan sumbernya, ternyata kebanyakan vitamin terkandung dalam buah-buahan ya meski ada juga sebagian dari hewan. makasih pak infonya..

Balas

Vitamin fungsinya sangat penting bagi tubuh dan degnan makan makanan yang bergizi kebutuhan akan vitamin akan tercukupi

Balas

memang benar tubuh kita harus banyak minum/makan vitamin supaya daya tahan tubuh kita seimbang dan apalagi setelah membaca artikel diatas semakin mengatahui pungsinya dan juga benar-benar sangat bermanfaat artikelnya, nice postnya dan thanks sahabat sudah berbagi

Balas

Menarik sekali ulasanya mas , memang pada tubuh manuaia sangat bergantung sekali dengan vitamin2 pokok terutama vitamin alami yang ada pada buah serta sayur2 makasih mas telah berbagi

Balas

ini padahal sdh setiap hari ditemukn tpi ok yo gk apal2 ,,,heheh

Balas

Mampir buat memperbaharui pengetahuan tentang jenis, fungsi dan sumber vitamin, pak Ibrahim. Vitamin merupakan salah satu unsur nutrisi penting bagi tubuh manusia...

Balas

Nutrisi serta vitamin pada buah memang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh manusia...siiip mas , sehari saja g konsumsi buah yang mengandung byk vitamin rasanya...kaya gimana gitu mas...

Balas

Benar sekali pak uda

Balas

Wah ternyata banyak banget ya manfaatnya :D ane malah pada baru tahu..

Balas

Vitamin tidak diproduksi tubuh sehingga butuh asupan dari bahan makanan yang segar dan berkualitas . Sip info vitaminnya mas?

Balas

Setiap jenis vitamin mempunyai manfaat bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, vitamin sangatlah diperlukan, terlebih lagi bagi anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Terima kasih pak Ibrahim atas penjelasannya. Sangat bermanfaat sekali bagi yang belum mengetahui hal ini.

Balas

cocok nih bagi saya yang kurang vitamin. harus dianggarkan nih pak budget untuk belu buah-buahannya :)

Balas

wah dpt ilmu disini, memang tubuh kita perlu banyak fitamin biar semangan dan tidak loyo bener gak?

makasih ya mas sudah share

Balas

Adakah resiko kelebihan vitamin mas... kalau makan/minum vitamin itu sebaiknya dalam bentuk suplemen atau makanan yang mengandung sumber vitamin...

Balas

sering sariawan apa kekurangan vitamin C ?

Balas

lengkap banget. kulit bersisik itu seperti apa pak. bersisik di tumit kaki bukan pak

Balas

wow luar biasa pak,lengkap.
vitamin b2 perlu diperhatikan ya,apalagi untuk kesehatan tubuh.

Balas

ternyata vitamin itu ada banyak jenisnya ya, saya kira hanya ada vitamin A, B, C, dan D

Balas

Saluttttttt./ Artikelnya ini yang saya cari cari/ MEmang enak kalao VITAMIN iru dari nutrrisi yang alami. Dari alam saja Bukan Vitamins sintetis dari obat obatan kimia

Balas

wah informasi ini sangat berguna mas, terutama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubh...mkasih udah berbagi mas

Balas

Referensi bagus pak, saya jadi tahu secara rincinya tapi lebih bagus lagi kalau lengkap dengan sumber aslinya.

Balas

Banyak banget macam vitamin, kayak nya vitamin dalam tubuh gw ngak seimbang hehe

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis