Terwujud

Waspada, Berikut 5 Makanan yang Menyebabkan Perut Kembung



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Ketika perut menjadi kembung tentu ada rasa yang tidak nyaman bagi yang mengalaminya. Keluhan perut kembung biasanya dianggap enteng karena bisa hilang dengan sendirinya, namun walaupun demikian kita tidak boleh mensepelekannya, sebab perut kembung yang terus dibiarkan akan mendatangkan gejala-gejala penyakit lain. Untuk penyebab perut kembung bisa datang dari berbagai hal, salah satunya datang melalui makanan.

Terkadang orang sering lupa atau tidak menyadari jika makanan dapat membuat perut menjadi kembung, keluhan yang datang ketika perut kembung disebabkan udara atau gas yang penuh sehingga akan membuat si penderita mengalami rasa tidak nyaman sampai perut menjadi sakit, tentu hal ini akan mengganggu aktivitas.
Perut Kembung
Untuk itu, perhatikan pola makan anda jika tidak ingin perut menjadi kembung dengan mengatur pola makan serta tahu makanan apa saja yang bisa membuat perut menjadi kembung. Untuk itu, sebagaimana yang dilansir dari situs alodokter.com, maka Terwujud.com akan menjelaskan apa saja makanan yang bisa menyebabkan perut kembung, check itu out !

1. Apel
Apel merupakan buah rekomendasi untuk disantap karena kandungan dalam buah apel sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti vitamin C, Serat dan antioksidan. Namun, dibalik manfaatnya ternyata buah apel bisa menyebabkan perut menjadi kembung jika mengkonsumsinya terlalu banyak atau berlebihan.

Baca juga ➦ Manfaat Jus Buah-Buahan untuk kesehatan yang perlu diketahui

Buah apel yang bisa menyebabkan perut kembung karena apel mengandung serat tinggi dan juga fruktosa yaitu kandungan gula dalam buah. Maka dari itu, untuk menghindari perut kembung dan masalah pencernaan, sebaiknya mengkonsumsi buah apel setelah makan atau dalam keadaan yang telah dimasak atau diolah.

2. Bawang
Bawang adalah salah satu kebutuhan pokok yang wajib ada disetiap rumah tangga, umumnya bawang digunakan sebagai bumbu masakan guna memperkuat rasa makanan menjadi nikmat disantap. Tapi, tahukah anda jika bawang bisa membuat perut kembung apalagi jika dikonsumsi oleh penderita yang sensitif pencernaanya. Disarankan untuk mengkonsumsi bawang hanya sebagai bumbu makanan saja, sedangkan penikmat bawang yang dikonsumsi mentah-mentah, sebaiknya berpikir lagi, sebab jika dimakan mentah dan banyak akan membahayakan perut.

3. Makanan tinggi natrium
Dalam ulasan situs alodokter dinyatakan jika makanan dengan kandungan tinggi akan natrium dan rendah serat bisa membuat perut menjadi kembung, seperti makanan mie instan dan makanan ringan dalam kemasan. Untuk menghindari perut kembung, sebaiknya anda cermat dalam memilih makanan dengan meneliti kadar natrium di dalamnya.

4. Produk susu
Ya, saya menyadari jika terlalu banyak minum susu, maka perut akan kembung dan bisa mendatangkan diare. Oleh karena itu, produk yang berbahan dasar susu seperti susu segar, keju, krim keju, mentega dan yoghurt walaupun tinggi akan protein dan kalsium, ternyata dapat membuat perut kembung, gangguan pencernaan, kram perut dan diare bagi mereka yang mempunyai intoleransi terhadap laktosa. So, sebaiknya minumlah produk susu secukupnya tanpa berlebihan.

5. Makanan berlemak
Makanan yang bisa membuat perut menjadi kembung berikutnya adalah makanan yang berlemak tinggi. Makanan yang berlemak tinggi cenderung lebih lama dicerna dibandingkan dengan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Oleh sebab itu, sebaiknya anda menghindari makanan berlemak secara berlebihan agar perut anda tidak kembung.

Baca➦ 10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Anda Mengalami Diare

Nah, itulah 5 Makanan yang Menyebabkan Perut Kembung. Kalau dicari lagi, maka pasti banyak lagi makanan yang bisa membuat perut menjadi kembung seperti nenas, kuini, mangga, semangka dan lain sebagainya.

Akan tetapi pada intinya, setiap makanan alami yang kita konsumsi jika tidak berlebihan pastinya tidak akan menimbulkan efek yang negative seperti perut kembung. Maka dari itu, bagi anda yang sedang atau ingin mengkonsumsi makanan tertentu, sebaiknya tidak berlebihan dan telah anda pastikan jika makanan tersebut tidak mendatangkan penyakit buat anda.

Bagi anda yang sedang mengalami perut kembung, maka untuk mengatasi dan mencengahnya, silahkan baca artikel yang berjudul ➦Tips mengatasi dan mencegah perut kembung secara alami dan cepat.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved