Terwujud

Cara Memilih Web Hosting Indonesia, Murah dan Berkualitas



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Mempunyai hosting pribadi tentunya memberikan kelebihan tersendiri dibandingkan dengan hosting gratisan. Beberapa kelebihan mempunyai hosting pribadi dapat dirasakan dari kebebasan untuk memuat apa saja yang anda inginkan tanpa harus memikirkan peraturan dan syarat-syarat tertentu yang sudah dibuat oleh pemilik hosting tersebut, seperti hosting gratis milik Google, wordpress dan lainnya.
Web Hosting Indonesia
Khususnya bagi anda yang ingin membangun brand blog atau website anda menjadi lebih professional, ekspresi bebas tanpa beban dan lain sebagainya, maka tepat sekali jika anda menggunakan hosting serta domain pribadi.

Pengertian Hosting secara sederhana
Saya akan menjelaskan dalam kalimat yang sederhana mengenai apa sebenarnya hosting itu. Secara ilmu pengetahuan, hosting terbagi menjadi dua yaitu host (Tuan rumah) dan Ing (berlangsung). Jadi, hosting adalah seseorang yang mempunyai/memiliki rumah yang isinya dapat diakses secara online oleh pribadi atau orang lain. Jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, maka hosting bisa disederhanakan menjadi:
  • Hosting: Rumah
  • Domain: Alamat Rumah
  • Konten: Isi Rumah
  • Space: Muatan rumah
  • Bandwith: Luas Muatan pada rumah
Dengan pengertian diatas, tentu anda sudah paham secara detail apa itu hosting berikut dengan domain, konten, space dan bandwith sebagai satu kesatuan dari semuanya.

Manfaat, Tujuan dan Unsur-Unsur Hosting
Sebelum menggunakan hosting pribadi, ada baiknya mengenal manfaat, tujuan dan unsur-unsur hosting, hal ini berguna untuk menambah pemahaman anda secara mendalam tentang hosting secara utuh.

Adapun manfaat dan tujuan Hosting adalah sebagai wadah yang dapat digunakan untuk membuat data /informasi berupa tulisan, gambar atau video. Tanpa adanya hosting, maka mustahil informasi yang akan dipublish tadi dapat terbaca, hal itu disebabkan adanya kebutuhan domain (sebagai alamat data/file/informasi) yang mengharuskan adanya hosting. Sedangkan unsur-unsur hosting terbagi menjadi 4 yaitu Shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, Dedicated server dan Colocation server

Baca juga: 7 Cara Memilih Hosting Terbaik, Murah dan Handal untuk Website Bisnis Kamu

Cara Memilih Web Hosting Indonesia, Murah dan Berkualitas
Nah, sekarang saatnya masuk dalam ranah pemilihan hosting. Banyak sekali perusahan web hosting di Indonesia yang tidak kalah saing dengan perusahaan web hosting luar, namun walaupun demikian anda harus nyeli dan bijak untuk menentukan web hosting yang tepat untuk blog atau website anda. Memilih web hosting yang tepat adalah langkah awal agar nantinya tidak memimbulkan kekecewaan karena berbagai sebab seperti loading, server sering down, support tidak memuaskan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, berikut Cara Memilih Web Hosting Indonesia, Murah dan Berkualitas yang bisa anda jadikan panduan.

1. Terpercaya
Pilihan pertama adalah kepercayaan. Anda bisa menilai tingkat kepercaya tersebut dari seberapa lama web hosting itu berdiri, seberapa banyak testimoni dan pelanggan yang puas, seberapa besar pelayanannya dan lain sebagainya.

2. Harga Terjangkau
Kata “murah” adalah jamuan yang banyak diburu untuk menyewa hosting, tak terkecuali dengan saya. Jika ada 3 web hosting yang memberikan penawaran harga berbeda, maka dapat dipastikan harga yang paling murah menjadi sorotan pertama, hal itulah yang saya lakukan terlebih dahulu. Dengan harga yang terjangkau, maka saya bisa memesan paket hosting dengan tingkat yang lebih tinggi dengan tujuan agar space dan bandwith hostingnya besar.

3. Berkualitas
Murah bukan berarti murahan. Inilah tahap kedua yang saya lakukan jika ingin membeli hosting. Saya tidak mudah percaya dengan web hosting murah sebelum mengetahui kualitas dari hosting tersebut, oleh karena itu ketahui dulu kualitasnya sebelum percaya dengan harga murahnya.

4. Support dan Pelayanan
Tidak dapat saya pungkiri ketika membeli hosting diawali dengan kebingungan untuk membangun blog yang ingin saya kelola, mulai dari Cpanel, memilih Platform dan lain sebagainya. Oleh karena itu, saya terlebih dahulu mencoba keramah-tamahan Customer service penyedia hosting, apakah mereka wellcome dan memuaskan saya atau tidak. Oleh karena itu, sebaiknya anda juga sudah mengetahui seberapa besar dan ramahnya mereka (custumer service) membantu permasalahan yang anda hadapi terkait dengan pengelolaan hosting pada tahapan selanjutnya.

5. Unlimited
Ini adalah pilihan sekunder bagi saya. Tidak dapat dipungkiri bahwa fitur unlimited adalah kado indah bagi pemilik blog/website jika mendapatkannya. Maka dari itu, silahkan cek atau tanyakan apakah ada fitur ini pada hosting yang ingin anda sewa.

6. Promo dan Gratis Domain
Silahkan cari web hosting yang sering memberikan promo dan gratis domain pada setiap pembelian hosting, ini yang sering saya lakukan.

7. Tersedia Private Name Server
Dengan adanya sistem ini memungkinkan anda untuk membuat private name server sesuai yang anda inginkan dengan menggunakan domain anda sendiri yang tentunya akan meningkatkan kesan professionalitas brand blog/website anda.

Banyak lagi cara atau metode lain yang bisa anda lakukan untuk memilih web hosting yang tepat, namun 7 cara diatas merupakan cara yang rekomended sebagai langkah awal dalam memilih penyedia hosting, setelah itu anda bisa mencari berbagai kelebihan lain di setiap web hosting yang ingin anda sewa seperti kaya akan fitur, garansi uang kembali, kapasitas ruang penyimpanan, kehandalan dan kecepatan serta kelebihan yang lainnya.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 2 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Alhamdulillah saya juga sudah menerapkan semuanya mas di beberapa blog saya. Kalau blog yang idblog,net disponsorin mas, dulu belinya sama siapa ya hehe

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved